Makaroni, Makarena.

Siapa yang tidak kenal makaroni? Ya, makaroni adalah saudaranya makarena. Hehe. Makaroni adalah salah satu bentuk pasta. Bentuknya seperti pipa, namun bengkok dan pendek. Biasanya aku menggunakan makaroni sebagai tambahan dalam sop.

Hari ini aku ingin membuat makaroni panggang. Resepnya aku cari di mbah google. Berhubung bahan yang ada di rumah seadanya, akhirnya terciptalah resep makaroni panggang baru yang seadanya.

Bahan:
Makaroni 100 gr, rebus hingga al dente
Daging giling 100 gr
Paprika 1 buah
Bawang merah
Bawang putih
Susu cair 1 gelas (pake susu bubuk ojan)
Keju parut
Telur 2 butir
Butter utk menumis
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
- tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan daging giling dan paprika, masak hingga matang.
- Masukkan susu, aduk rata. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
- Terakhir masukkan keju dan telur, aduk hingga rata.
- Masukkan ke dalam loyang yang telah diberi butter sebelumnya, panggang hingga matang.
- Makaroni panggang siap disantap. :9

image

Sushiku

Weekendku hari ini bertema pembulatan pipi. Pilihan menunya tentu saja yang sesimpel mungkin. Hari ini aku membuat sushi.

Beberapa waktu lalu aku membeli bambu untuk menggulung sushi dan nori di salah satu mall di Palembang. Bambu ini harganya sekitar Rp 25.000 dan 10 lembar nori harganya Rp sekitar 20.000.

image

Karena tidak mau repot, aku membuat sushi dengan bahan seadanya. Kalau aku baca di mbah gugel, seharusnya sushi memakai beras jepang. Sumber lain mengatakan menambahkan beras ketan sedikit supaya berasnya lebih lengket. Aku memakai beras biasa, hehe. Bahan isinya bisa bermacam-macam, sesuai selera dan yang ada di dapur. Aku memakai telur dadar, crab stick, sosis, dan wortel rebus.

Cara membuat tidak begitu sulit, siapkan bambu dan nori. Aku menambahkan plastik di bawah nori supaya tidak mengotori bambu. Susun nasi di atas nori, kemudian susun isi sushi sesuai selera. Gulung bambu sambil ditekan guna memadatkan sushi. Setelah selesai, potong-potong sushi dan sajikan. Ittadakimasu.

image

image

image

image

Sebiduk di Sungai Pengumbuk

Pengumbuk adalah nama sungai yang terdapat di Dusun Pengumbuk Desa Tebing Abang Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan Indonesia. Asal mula nama Pengumbuk bisa dibaca di sini.

Beberapa hari yang lalu, sungai Pengumbuk diramaikan oleh kegiatan internasional yaitu Musi Triboatton 2013. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 16-22 November 2013.

Musi triboatton merupakan ajang olahraga dan wisata air yang telah dilaksanakan kedua kalinya di wilayah Sumatera Selatan. Seperti triathlon, trriboatton terdiri dari tiga perlombaaan yang menggunakan perahu, yaitu rafting, canoe, dan dragon boat. Rute musi triboatton mengikuti aliran Batanghari Sembilan yang bermuara ke Sungai Musi. Berawal dari Kabupaten Empat Lawang, kemudian Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan terakhir Kota Palembang.

Pengumbuk merupakan pemberhentian terakhir sebelum peserta tiba di Palembang. Peserta Musi Triboatton sendiri disambut dengan semarak di Dusun Pengumbuk Banyuasin. Sekitar 15 mother boat yang membawa peserta Musi Triboatton tiba pada tanggal 21 November 2013. Para peserta yang berasal dari berbagai bangsa pun berlaga di Sungai Pengumbuk. Diawali dengan rafting, menggunakan perahu karet yang terdiri dari 5 orang pedayung, canoe dengan 2 orang pedayung dan terakhir dragon boat dengan 10 orang pedayung. Para peserta mengadu kekuatan, ketangguhan fisik dan mental mereka. Peserta Musi Triboatton selain berkompetisi untuk mendapat gelar juara, mereka juga diajak untuk menikmati pemandangan dan budaya asli dari daerah yang dilewati. Setelah bertanding, para peserta Musi Triboatton beristirahat sembari melihat pertandingan bidar lokal yang diikuti oleh masyarakat setempat. Tidak lupa hiburan berupa kesenian dan kuliner khas Kabupaten Banyuasin juga ramai disajikan di sini.

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Kloter Delapan Palembang

Tahun ini aku bertugas menemani jemaah haji kloter 8 dari embarkasi Palembang. Nikmat Allah yang begitu besar kudapatkan kali ini. Alhamdulillah. fabiayyi alaa irobbikumaa tukadzibaan.

Petugas kloter delapan yang berangkat menemani ada 5 orang, yaitu 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing ibadah haji, 1 orang dokter dan 2 orang perawat. Awalnya jumlah jemaah 355 orang, namun karena ada jemaah pada saat pemeriksaan kesehatan terakhir diketahui hamil 9 minggu, jemaah yang dinyatakan layak berangkat sebanyak 353 orang. Jemaah yang berangkat beragam asalnya, dari Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Oku Selatan, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang, dan Jambi.

Semua cerita ada di sini. Cerita bahagia, canda, tawa, suka, duka, sedih, rindu, dan lainnya. Keluargaku yang baru, sangat besar sekali 358 orang bersama selama hampir 40 hari. Aku mempunyai banyak kakek dan nenek, ibu dan ayah, paman dan bibi, serta adik dan kakak di sana. Ah, rindunya saat-saat bersama mereka. :’)

image

image

image

image

image

20130927_234944

image

image

Yang mau berobat, antri yaa.

image

20131012_204629

Sektor 8 Mekkah

Sektor 8 Mekkah

image

image

803 Bakhutmah

803 Bakhutmah

image

DSCN0769

IMG-20131104-WA025

DSCN0818

DSCN0828

DSCN0824

image

image

20131013_174649

Posko Satgas Arafah

Posko Satgas Arafah

image

image

image

DSCN0878

image

DSCN0891

DSCN0946

DSCN0907

image

Madinah

Madinah

IMG_20131029_161214

IMG-20131109-WA0016

IMG-20131109-WA0001

IMG-20131104-WA018

1383377786638

1383294454864

1383294023608

IMG-20131109-WA0063

IMG-20131109-WA0000

IMG_20131031_083546

IMG-20131109-WA0071

IMG_20131031_080351
Oya, untuk petugas tkhi tahun 2014 ini pendaftarannya sudah dibuka lho. Yang berminat bisa baca di sini ya.

Burung Cekakak Belukar

Burung ini aku temukan di belakang rumahku. Awalnya aku melihat seekor ayam jago yang sedang berkelahi entah dengan apa. Suaranya aneh, yang aku takutkan ayam itu berkelahi dengan ular. Tetapi ketika aku mendekat, ternyata mahluk yang sedang diserang si ayam jago adalah seekor burung.

Burung tersebut tercebur ke dalam genangan air, sehingga sulit baginya untuk terbang. Dan kalau dilihat dari ukuran badannya, jelas burung ini bukanlah tandingan si ayam jago.

image

Walaupun basah dan kotor, burung tersebut masih terlihat cantik. Warna bulu di bagian sayapnya biru cerah terlihat sangat mencolok. Paruhnya yang kokoh, panjang, dan berwarna kemerahan jg sangat khas.

image

Setelah kubersihkan, burung tersebut aku tempatkan di kotak kardus kecil. Tidak ada luka di tubuhnya, tetapi burung tersebut masih belum bisa terbang jauh. Aku coba beri biji-bijian makanan burung perkutut yang ada di rumah, tetapi tidak dimakan sana sekali. Bentuk paruhnya memang tidak mencerminkan bahwa burung ini adalah burung pemakan biji-bijian. Air minum kuberikan menggunakan spuit 1 cc. Oya, paruh burung ini lumayan tajam, jadi harus berhati-hati agar tidak digigitnya.

Karena penasaran, aku oun mencari tahu mengenai burung ini di mbah gugel. Ternyata namanya adalah burung cekakak belukar. Mungkin diberi nama itu karena bunyinya “Kaakk..kakk..kaakk..”. Ini salah satu linknya: http://semuaburung.blogspot.com/2011/04/cekakak-belukar.html?m=1

image

image

Setelah menginap di rumahku satu malam, burung itu terlihat lebih kuat dan segar. Akhirnya burung cekakak tersebut aku lepas kembali di halaman belakang rumahku.

Perpaanjaangan paspoooooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

Tidak terasa si-paspor sudah berumur 5 tahun. Dibuat tahun 2008, ketika aku masih ko-ass dalam rangka berangkat umroh. Kalo dulu masih lugu unyu-unyu jadi cuma taunya datang ke imigrasi untuk foto, trus terima paspor.  Kalo sekarang, urus sendiri dong dong dong.

image

Kantor imigrasi palembang letaknya di ujung dunia. Mesti nyebrang sungai dulu. Di daerah Jakabaring. Kalau naik transportasi umum, bisa naik trans musi jurusan Jakabaring, turun di halte DPRD Palembang, kemudian naik angkutan umum kecil berwarna cokelat jurusan pasar induk Jakabaring.

image

Syarat-syarat untuk perpanjangan paspor hampir sama dengan syarat pembuatan paspor baru. Bedanya adalah melampirkan paspor lama bagi yang ingin memperpanjang paspor.
Adapun syaratny, antara lain:
- KTP
- Kartu Keluarga
- Akte kelahiran
- Ijazah terakhir
- Surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja
- Buku nikah, bagi yang sudah menikah

Semua berkas asli dibawa pada hari pertama pendaftaran, difotokopi masing-masing satu lembar. Khusus untuk KTP, tidak perlu dipotong sesuai ukuran KTP asli. Setelah berkas lengkap, kita akan mendapat 2 lembar form beserta map berwarna kuning. Lembar pertama identitas pendaftar, lembar kedua surat pernyataan yang harus ditandatangani di atas sebuah materai. Setelah berkas lengkap, berkas dikumpulkan di loket pendaftaran.

photoshake_1371902020635

Berkas-berkas tersebut akan diperiksa kembali oleh petugas imigrasi, apabila belum lengkap maka berkas akan dikembalikan agar bisa dilengkapi lagi. Setelah berkas diterima, kita akan mendapat tanda bukti penyerahan berkas. Di sana juga tertera tanggal kapan kita harus kembali ke Kantor Imigrasi untuk tahap selanjutnya yaitu pembayaran dan wawancara. Biasanya jeda dari pengumpulan berkas hingga pembayaran dan wawancara sekitar 3-5 hari kerja. Biaya untuk memperpanjang paspor sama dengan biaya pembuatan paspor baru, yaitu Rp 255.000,00. Setelah membayar paspor, kita akan mendapat nomor antrian untuk wawancara dan foto paspor.

photoshake_1371902129347

Wawancara dan foto ga memakan waktu lama. Petugasnya cuma nanya tujuan bikin paspor ini apa sama nanya pake lensa kontak atau tidak. Selesai wawancara singkat, sesi foto-foto pun tiba. Siapin senyum yang paling manis ya, hehe. Say, CIIIS BUNCIIS! Proses pembuatan paspor pun selesai. Tinggal menunggu paspornya jadi, biasanya juga sekitar 3-5 hari kerja.

photoshake_1371804881233

Sekedar tips buat yang mau bikin paspor baru atau perpanjangan paspor:
- Jangan mefet-mefet waktu berangkat ke LN alias bikin paspornya jangan dadakan
- Siapin berkas asli dan fotokopinya (di Kantor Imigrasi PLM ga ada tempat fotokopi, jadinya mesti keluar jauh ke Simpang Jakabaring dulu)
- Materai Rp 6000 juga kudu siapin ya
- Pake baju bebas pantas sopan
- Nama dibuat 3 suku kata
- Dateng semakin pagi semakin baguss, biar ga kejebak antrian yang mengular naga panjangnya (Penerimaan berkas hanya sampai jam 11.00)
- Ga usah pake calo yaa, pake cola-cola aja..:>

NB: Senin-kamis permohonan paspor smp pukul 11, pembayaran smp pukul 12. Jum’at permohonan paspor smp pukul 11, pembayaran smp pukul 11.30.