Nama panggilan saya dan burung betet……

Pada kalangan tertentu, ada beberapa teman yang memanggil saya Betet. Entah apa yang menginspirasi mereka. Seumur-umur hidup, belum pernah saya melihat burung yang namanya dipakai untuk membuat saya menoleh ketika dipanggil.

Katanya burung tersebut cantik dan cerewet, semoga saya dipanggil betet karena sama cantiknya dan bukan karena yang terakhir. Karena penasaran, saya pun mencari tahu tentang saudara satu nama saya tersebut di internet.

 

[loading……]

 

Voilaa, ternyata burung betet itu memang imut dan cantik (seperti saya, abaikan). Termasuk ke dalam golongan paruh bengkok/parrot dengan nama latin Psittacula alexandri. Ternyata burung ini masih bersaudara dengan paruh bengkok lainnya seperti burung kakaktua, burung nuri dan burung bayat.

Burung ini mempunyai ciri, badan yang berukuran kecil hingga sedang. Berbulu berwarna-warni cerah, biasanya hijau dan mempunyai paruh yang kokoh dan bengkok ke bawah. Paruh bengkok tersebut berfungsi untuk memecah kulit biji-bijian dan buah-buahan yang merupakan makanan utama mereka.

Burung ini hidup berkelompok, dan tinggal di hutan-hutan besar di Indonesia.

Saya baru tahu kalau saat ini populasi betet semakin berkurang, karena tempat tinggal alias hutan milik mereka banyak yang dirambah manusia dan juga diburu untuk dikoleksi oleh para hobiis. Oleh karena itu, pemerintah memasukkan burung ini kedalam golongan yang dilindungi. Saya harap burung-burung cantik tersebut tidak punah. Karena, kalau mereka punah betet hanyalah tinggal sebuah nama (panggilan saya). Selain itu, bila mereka punah, anak cucu saya tidak akan bisa melihat keindahan warna-warni bulu dan juga kicauan cerewet mereka.

 

 

Tinggalkan Balasan

