Jam tangan baru menunjukkan pukul 09.35 WIB, dan saya sudah menguap dengan banyaknya.

Hoaaaaahhhhmm.

Berulang-ulang kali, sampai mulut pegal dan mata berair. Seharusnya Bang Rhoma Irama nyebutin ini di lagunya, “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. begadang bikin kamu menguap selamanyaaaa”.

Biasanya saya ini tukang tidur, di mana-mana bisa jadi pelor alias nempel trus molor. Tapi, semalam saya kesulitan memunculkan bakat terpendam itu. Entah kenapa, hanya bisa setengah lelap saja. Akibatnya saya memulai hari dengan mengantuk, badan lemas, kepala puyeng, dan serangan menguap yang tiada henti.

*yawn*

*yawn*

*yawn*

Kenapa siy kita mengantuk trus menguap? *kucek2 mata*

Mengantuk adalah proses mempersiapkan diri untuk tidur (bedtime). Ini berhubungan dengan circadian ritme seseorang yang udah mengeset jam biologis tertentu (seperti lapar, haus, ngantuk, tidur, bangun, olahraga, dll). Proses ngantuk sendiri adalah hasil dari peninggian hormone melatonin yang disekresikan oleh kelenjar pineal di otak, sebagian disekresikan di lambung dan usus. Melatonin ini meninggi saat mata menangkap kegelapan dan menurun saat mata menangkap cahaya. Jadi, berdasarkan teori ini manusia emang punya jam tidur pada malam hari dan jam kerja pada siang hari. Gangguan pada hormon ini bakal mengakibatkan insomnia ( sulit tidur pada malam hari). Ada banyak sekali penyebab sulit tidur, terbanyak disebabkan oleh gangguan emosional (psikologis). Dan sepertinya semalam saya mengalami hal tersebut.

Mengantuk salah satu pertanda badan kita lelah. Pada saat lelah/kurang tidur, jantung kita berdenyut pelan sehingga aliran darah ke otak pun berkurang. Akibatnya adalah oksigen di jaringan otak menurun drastis. Tuhan menciptakan respon menguap untuk mensuplai oksigen ke otak. Menguap membuat mata jadi memproduksi cairan air mata lebih banyak sehingga mata yang mengantuk bisa segar kembali. Menguap mempercepat kerja jantung sehingga badan yang lemah saat mengantuk bisa segar kembali.

Hoaahhmmm. Sepertinya saya butuh diterapi kasur dan bantal segera.

Image

sleepy sleeping beauty.. *yawn*

Iklan

طبيب الطب النبوي Dokter Pengobatan Nabawi

(TKHI-PPIH 2012) UPDATE TERBARU INFORMASI PEMBUKAAN, PENDAFTARAN/REKRUITMEN & PERSYARATAN TKHI DEPKES (27 FEBRUARI-5 MARET 2012) untuk Dokter Umum/Spesialis, Dokter Gigi, Perawat, Analis kesehatan, Radiografer, Ahli Gizi, Teknisi Elektromedik, Rekam Medik, Sanitasi/Surveilens, Siskohat Komputer

Bismillah,


Sehubungan dengan banyaknya komentar yang masuk ke blog saya di http://kaahil.wordpress.com mengenai kapan waktu Pendaftaran TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) atau PKHI (Petugas Kesehatan Haji Indonesia) tahun 2012/1433 H. Maka saya sampaikan bahwa sampai saat ini belum  SUDAH ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Pusat Kesehatan Haji – Kementerian Kesehatan RI  sebagai berikut :

Sumber : Jadwal PKHI 2012 PUSKES HAJI

Namun demikian dikarenakan dari tahun ke tahunpersyaratan TKHI baik untuk Dokter, Dokter gigi, Dokter spesialis, perawat, tenaga gizi dan lainnya  itu biasanya sama,System Rekrutmen PKHI Tahun 2012 berbeda dengan system rekrutmen di tahun – tahun yang lalu.  System tahun ini dirancang lebih ketat dan selektif.  HARAP DICATAT :

PENDAFTARAN ONLINE DIMULAI HARI SENIN…

Lihat pos aslinya 2.064 kata lagi

Man Jadda WaJada

Jika seorang lelaki ingin menarik hati seorang wanita, biasanya yang ditebarkan adalah berjuta-juta kata
puitis bin manis, penuh janji-janji untuk memikat hati, “Jika kau menjadi istriku nanti, percayalah aku satu-satunya yang bisa membahagiakanmu,” atau “Jika kau menjadi istriku nanti, hanya dirimu di hatiku” dan “bla…bla…bla…” Sang wanita pun tersipu malu, hidungnya kembang kempis, sambil menundukkan kepala,
“Aih…aih…, abang bisa aja.” Onde mande, rancak bana !!!(halahh…berlebihaan kekekeke)

Lidah yang biasanya kelu untuk berbicara saat bertemu gebetan, tiba-tiba jadi luwes, kadang dibumbui ‘ancaman’ hanya karena keinginan untuk mendapatkan doi seorang. Kalo ada yang coba-coba main mata ama si doi, “Jangan macem-macem lu, gue punya nih!” Amboi… belum dinikahi kok udah ngaku-ngaku miliknya dia ya? Lha, yang udah nikah aja ngerti kalo pasangannya itu sebenarnya milik Allah SWT.

Lihat pos aslinya 933 kata lagi