Jam tangan baru menunjukkan pukul 09.35 WIB, dan saya sudah menguap dengan banyaknya.

Hoaaaaahhhhmm.

Berulang-ulang kali, sampai mulut pegal dan mata berair. Seharusnya Bang Rhoma Irama nyebutin ini di lagunya, “begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. begadang bikin kamu menguap selamanyaaaa”.

Biasanya saya ini tukang tidur, di mana-mana bisa jadi pelor alias nempel trus molor. Tapi, semalam saya kesulitan memunculkan bakat terpendam itu. Entah kenapa, hanya bisa setengah lelap saja. Akibatnya saya memulai hari dengan mengantuk, badan lemas, kepala puyeng, dan serangan menguap yang tiada henti.

*yawn*

*yawn*

*yawn*

Kenapa siy kita mengantuk trus menguap? *kucek2 mata*

Mengantuk adalah proses mempersiapkan diri untuk tidur (bedtime). Ini berhubungan dengan circadian ritme seseorang yang udah mengeset jam biologis tertentu (seperti lapar, haus, ngantuk, tidur, bangun, olahraga, dll). Proses ngantuk sendiri adalah hasil dari peninggian hormone melatonin yang disekresikan oleh kelenjar pineal di otak, sebagian disekresikan di lambung dan usus. Melatonin ini meninggi saat mata menangkap kegelapan dan menurun saat mata menangkap cahaya. Jadi, berdasarkan teori ini manusia emang punya jam tidur pada malam hari dan jam kerja pada siang hari. Gangguan pada hormon ini bakal mengakibatkan insomnia ( sulit tidur pada malam hari). Ada banyak sekali penyebab sulit tidur, terbanyak disebabkan oleh gangguan emosional (psikologis). Dan sepertinya semalam saya mengalami hal tersebut.

Mengantuk salah satu pertanda badan kita lelah. Pada saat lelah/kurang tidur, jantung kita berdenyut pelan sehingga aliran darah ke otak pun berkurang. Akibatnya adalah oksigen di jaringan otak menurun drastis. Tuhan menciptakan respon menguap untuk mensuplai oksigen ke otak. Menguap membuat mata jadi memproduksi cairan air mata lebih banyak sehingga mata yang mengantuk bisa segar kembali. Menguap mempercepat kerja jantung sehingga badan yang lemah saat mengantuk bisa segar kembali.

Hoaahhmmm. Sepertinya saya butuh diterapi kasur dan bantal segera.

Image

sleepy sleeping beauty.. *yawn*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s