Sushi so..

Aku suka sekali dengan Jepang. Negara itu (terlihat) sangat indah (bagiku). Mungkin itu sebabnya aku suka komik jepang ya (ga nyambung). Atau sebenarnya aku mempunyai darah Jepang, secara mereka pernah menjajah Indonesia selama 3 tahun (semakin ga nyambung). Kebudayaannya mencolok sekali, dan mereka mempertahankannya, itu yang membuat mereka unik. Indonesia juga tidak kalah dengan mereka, hanya saja negara kita luas dan kebudayaannya juga banyak sehingga tidak (terlalu) mencolok.

Matahari terbit, kimono, ikebana, origami, manga, atheis, disiplin, gunung fuji, sakura, geisha, kabuki, doraemon, kesatria baja hitam, ultraman, shinkansen, salju, dan sushi adalah kata-kata yang melintas di pikiranku setiap kali mendengar kata Jepang (random banget).

Yah, itung-itung latihan kalau nanti aku berkesempatan mengunjungi negara tersebut (tolong bantu Amiin-kan ya, Amiiin), aku pun mulai mencicip sushi dan menjadi beneran suka dengan makanan asal Jepang ini.

Di Palembang, tempat favorit untuk maem sushi ya di sushi so ini. Ada 2 cabangnya, yang pertama di Jalan Rajawali, dekat hotel Grand Zuri, yang kedua di food court lantai 2 PTC Mall.

Pernah saya mengajak Ilham driver PT. SG untuk mencicip sushi dari Sushi So. “mirip lemper ya Bu”, cetusnya polos. Aku pun mendadak keselek, “Plis deh Ham, beda jauh kaliii”. Padahal dalam hati aku mengiyakan kata-katanya, sepertinya sushi ini memang satu konsep dengan lemper. Nasi/ketan diisi digulung, bedanya sushi dibungkus dengan nori, lemper dibungkus daun ……. (mendadak mikir, pisang bukan ya?)….:)

Buat yang penasaran dan pengen tau tentang menu-menu di sushi so Palembang, ni ada sebagian review menunya.

Image

Coba kalian lihat gambar diatas, menggoda bukan?*setan bulan puasa mode on* Kalo ga salah, namanya itu sushi so special dragon roll. Topingnya menggoda ya, salmon grilled plus mayo n tobiko. Rasanya, juara!

Image

Yang suka makanan mentah tapi enak, sashimi salmon bisa jadi alternatif pilihan. Ayah dan Ibu mencicipi sashimi ini dengan kening berkerut, sepertinya mereka akan langsung menolak kalau aku menawari mereka lagi. Lain cerita kalau kucing-kucingku (Jini dan Jojo) yang ikut, mungkin aku akan rebutan dengan mereka. Hehehe. Gimana deskripsi rasanya, manis, asin, gurih, jadi satu. Kalau ga nyicip, ya ga bakal tau.

Atau kalo mau belajar maem sashimi tapi belum sanggup ngabisin sepiring, bisa pesen salmon nigiri kyk foto di atas. Saya minum, eh makan dua. 🙂

Menu selanjutnya adalah bento salmon, menu yang sama dengan don buri salmon digambar bawah, hanya saja bento ini lebih lengkap dengan adanya potongan semangka dan sup. Salmonnya, tentu saja enak!

Menu lainnya adalah chawan mushi, sejenis tahu telur diberi kaldu lalu dikukus. Dimakan bersama kacang edamame. Mirip rasa tahu telur kemasan yang dijual di supermarket siy, tetapi tentu saja lebih enak yang segar alias fresh from the kukusan.

Pengen maem salad sayur + rumput laut? Nih, di sushi so juga ada. (lupa nama menunya apa). Saladnya segar, rumput lautnya enak.

Klo yang ini, contoh menu seharga kurleb 150 rebu saja. Sushi, nigiri mix, kawa meshi alias ikan salmon kari, chawanmushi, dengan minuman green tea float n lemon tea. Enak di perut n enak di dompet.
image

Satu lagi, ini menu favorit aku. Ga bole ketinggalan kalo lagi maem di sini cheese crab bla..bla.. (lagi2 lupa nama menunya) *tepok jidad*

“Itadakimasu”

One thought on “Sushi so..

  1. kikidankoko berkata:

    enaknyaaa..mau ditraktir makan di sanaaa..:9

Tinggalkan Balasan

