Berburu ubur-ubur, eh lumba-lumba di Teluk Kiluan

Gerbang inilah yang kami nanti-nantikan setelah (mencoba) menikmati kurang lebih 11 jam perjalanan dari Palembang ke Teluk Kiluan Lampung. Akhirnyaaa….

CIMG0621

Teluk Kiluan berada desa Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Kalau di lihat di peta, letaknya berada di paling bawah dari pulau Sumatera. Jarak tempuh dari Bandar Lampung sekitar 3 jam perjalanan bila menggunakan mobil. Medan yang ditempuh cukup sulit (apalagi saat itu sedang musim hujan alias November rain), jalanan banyak lubang, becek, naik dan turun bukit, dan terdapat jurang di pinggir jalan. Namun semua perjuangan tersebut terbayar lunas ketika tiba di tepian Teluk Kiluan…

DSC04030

Sebenarnya tempat ini adalah sejenis dermaga tempat kami akan menyeberang ke lokasi kami akan menginap. Perahu di atas adalah perahu jukung. Perahu sederhana, bentuknya langsing ditopang dengan 2 kaki di kanan dan kiri, serta bertenaga mesin kecil.
Hebatnya, perahu kecil ini mampu membawa kami delapan orang sekaligus. Hehe.

CIMG0630

Setelah sekitar 10 menit kami menyeberang dengan menggunakan jukung, kami pun tiba di pondokan tempat kami menginap, Pondok Anak Abah namanya. Begitu tenang. Tidak ada listrik (malam hari menggunakan genset) maupun sinyal telepon. Begitu bebas dari hiruk-pikuk dunia.

CIMG0769

Hijau, biru, putih dan segala warna indah lainnya menyambut kami di sini. Cukup satu kata, menenangkan.

CIMG0967

CIMG0966

CIMG0930

DSC04102

DSC04096

CIMG0695

Meskipun liburan, bukan berarti makannya juga libur ya. Di sini, bukan hanya mata yang dipuaskan, namun urusan perut pun tidak kalah juaranya. Dari pondok anak abah, ada ibu-ibu yang siap menyediakan makanan yang enak-enak. Tentu saja menu laut yang jadi andalan mereka. Malam hari pun kami disuguhi ikan lemadang BBQ yang Top Markotop bin Maknyus (Pak Bondan, pinjem istilahnya ya). Biasanya lobster jadi menu di sini, namun kami belum beruntung saat itu. hiks.

DSC04045

DSC04041

DSC04157

CIMG0742

Perburuan lumba-lumba dimulai keesokan harinya. Sekitar pukul 6.30 wib kami siap menuju laut lepas. Satu jukung hanya boleh ditumpangi 3 sampai 4 orang saja, dan wajib memakai life vest. Perjalanan sekitar 30 menit menantang matahari yang sedang terbit dari garis lurus laut. Lebih dari 20 jukung berangkat pagi itu, tujuannya satu, melihat sang lumba-lumba menari bebas di alamnya. Dan kami sangat beruntung pagi itu, rombongan lumba-lumba menyambut kami dengan meriahnya. Mereka melompat, berputar, berenang di sekitar kami. Subhanallah, indahnya. Ingin rasanya ikut berenang bersama mereka. Aku sempat bertanya dengan sopir jukung, “Boleh ga berenang di sini?”. Sang sopir jukung menjawab kalem, “boleh aja mbak, tapi di sini bisa jadi ada hiunya.” Aku pun mengurungkan niatku. Hehe. Ini foto-foto si lumba-lumba yang sempat tertangkap kameraku.

CIMG0820

CIMG0887

CIMG0885

CIMG0874

CIMG0872

CIMG0839

CIMG0916

Setelah puas bercengkrama dengan lumba-lumba, kami pun menyapa karang, koral, ikan, dan penghuni pantai dengan ber-snorkeling ria. Saranku jangan menjerit kegirangan di dalam air ketika melihat Patrick Starfish, si Finding Nemo, ataupun lion fish di sini, karena bisa membuat kita tertelan air laut yang asiiiiiinn (pengalaman pribadi). 😀

CIMG0955

Finally, berburu lumba-lumba dan semua kesenangan di Teluk Kiluan harus di akhiri. Liburan harpitnas udah abis, mari pulang ke habitat masing-masing. Next time, I’ll be back there, Insya Allah. Ohiya, last word, terima kasih @kiluandolphin. 🙂

Iklan

2 thoughts on “Berburu ubur-ubur, eh lumba-lumba di Teluk Kiluan

  1. narti berkata:

    wow…keren banget, pic-nya jg apik…

  2. lonelylovelycat berkata:

    aslinya lebih lebih keren lagi mbak..lumba-lumba, pantai, bawah laut, laguna, semuanyaa..hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s