Gigi Bawah, Dibuang ke Atas

image

Foto itu adalah foto gigi anak laki-laki berumur 8 tahun yang berhasil kutanggalkan kemarin. Gigi incicivus 2 bawah kanan yang masih sangat kuat tertanam. Gigi permanennya sendiri sudah tumbuh, namun tumbuhnya anomali yaitu di belakang gigi susu tadi. Akibatnya adalah, gigi susunya tidak goyah sama sekali karena tidak didorong oleh gigi permanennya.

Jujur saja, ini pasien pertamaku setelah sekian lama aku lulus kuliah. Teori tentang ilmu kesehatan gigi dan mulut memang ada di dalam kurikulum kami, namun hanya bersifat ilmu dasar saja. Belajar praktek kedokteran gigi pun hanya selama 2,5 minggu, pada saat kepaniteraan klinik di poli gigi dan mulut. Semua tempat kerjaku, baik yg dulu maupun saat ini, mempunyai tenaga kesehatan gigi, dokter dan perawat gigilah yang melayani semua pasien gigi. Akibatnya hampir empat tahun aku tidak pernah menyentuh ranah cabut mencabut ini.

Aku memberanikan diri karena menurutku sang anak cukup kooperatif dan gigi yang akan dicabut adalah gigi dengan satu akar saja. Kalau pasien yang datang meminta dicabut gigi molar 3, tentu saja akan langsung kutolak. Hehe.

Pertama-tama kusiapkan alatnya terlebih dahulu, sebuah tang gigi khusus untuk rahang bawah, sarung tangan plastik, chlor ethyl, dan kapas. Percobaan pertama, ternyata sulit mencabutnya, karena gigi masih melekat kuat dan anak masih merasa nyeri. Akhirnya aku meminta izin pada orang tua anak untuk menggunakan bius suntik. Setelah dibius, aku mencoba lagi. Gigi tersebut dijepit kemudian dirotasi, dan alhamdulillah berhasil, gigi susunya tercabut utuh. Senang sekali rasanya. Senang di atas kesedihan sang anak. Hehe.

Ketika mereka hendak pulang, aku pun bertanya, “giginya mau dibawa pulang ndak?”. Sang anak menjawab sambil sesegukan, “Ndak usah bu, buang aja”. Hmm. Semoga anak tersebut tidak trauma dengan segala urusan gigi-geligi ini. Aamiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s