Perpaanjaangan paspoooooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

Tidak terasa si-paspor sudah berumur 5 tahun. Dibuat tahun 2008, ketika aku masih ko-ass dalam rangka berangkat umroh. Kalo dulu masih lugu unyu-unyu jadi cuma taunya datang ke imigrasi untuk foto, trus terima paspor.  Kalo sekarang, urus sendiri dong dong dong.

image

Kantor imigrasi palembang letaknya di ujung dunia. Mesti nyebrang sungai dulu. Di daerah Jakabaring. Kalau naik transportasi umum, bisa naik trans musi jurusan Jakabaring, turun di halte DPRD Palembang, kemudian naik angkutan umum kecil berwarna cokelat jurusan pasar induk Jakabaring.

image

Syarat-syarat untuk perpanjangan paspor hampir sama dengan syarat pembuatan paspor baru. Bedanya adalah melampirkan paspor lama bagi yang ingin memperpanjang paspor.
Adapun syaratny, antara lain:
– KTP
– Kartu Keluarga
– Akte kelahiran
– Ijazah terakhir
– Surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja
– Buku nikah, bagi yang sudah menikah

Semua berkas asli dibawa pada hari pertama pendaftaran, difotokopi masing-masing satu lembar. Khusus untuk KTP, tidak perlu dipotong sesuai ukuran KTP asli. Setelah berkas lengkap, kita akan mendapat 2 lembar form beserta map berwarna kuning. Lembar pertama identitas pendaftar, lembar kedua surat pernyataan yang harus ditandatangani di atas sebuah materai. Setelah berkas lengkap, berkas dikumpulkan di loket pendaftaran.

photoshake_1371902020635

Berkas-berkas tersebut akan diperiksa kembali oleh petugas imigrasi, apabila belum lengkap maka berkas akan dikembalikan agar bisa dilengkapi lagi. Setelah berkas diterima, kita akan mendapat tanda bukti penyerahan berkas. Di sana juga tertera tanggal kapan kita harus kembali ke Kantor Imigrasi untuk tahap selanjutnya yaitu pembayaran dan wawancara. Biasanya jeda dari pengumpulan berkas hingga pembayaran dan wawancara sekitar 3-5 hari kerja. Biaya untuk memperpanjang paspor sama dengan biaya pembuatan paspor baru, yaitu Rp 255.000,00. Setelah membayar paspor, kita akan mendapat nomor antrian untuk wawancara dan foto paspor.

photoshake_1371902129347

Wawancara dan foto ga memakan waktu lama. Petugasnya cuma nanya tujuan bikin paspor ini apa sama nanya pake lensa kontak atau tidak. Selesai wawancara singkat, sesi foto-foto pun tiba. Siapin senyum yang paling manis ya, hehe. Say, CIIIS BUNCIIS! Proses pembuatan paspor pun selesai. Tinggal menunggu paspornya jadi, biasanya juga sekitar 3-5 hari kerja.

photoshake_1371804881233

Sekedar tips buat yang mau bikin paspor baru atau perpanjangan paspor:
– Jangan mefet-mefet waktu berangkat ke LN alias bikin paspornya jangan dadakan
– Siapin berkas asli dan fotokopinya (di Kantor Imigrasi PLM ga ada tempat fotokopi, jadinya mesti keluar jauh ke Simpang Jakabaring dulu)
– Materai Rp 6000 juga kudu siapin ya
– Pake baju bebas pantas sopan
– Nama dibuat 3 suku kata
– Dateng semakin pagi semakin baguss, biar ga kejebak antrian yang mengular naga panjangnya (Penerimaan berkas hanya sampai jam 11.00)
– Ga usah pake calo yaa, pake cola-cola aja..:>

NB: Senin-kamis permohonan paspor smp pukul 11, pembayaran smp pukul 12. Jum’at permohonan paspor smp pukul 11, pembayaran smp pukul 11.30.

Iklan