Burung Cekakak Belukar

Burung ini aku temukan di belakang rumahku. Awalnya aku melihat seekor ayam jago yang sedang berkelahi entah dengan apa. Suaranya aneh, yang aku takutkan ayam itu berkelahi dengan ular. Tetapi ketika aku mendekat, ternyata mahluk yang sedang diserang si ayam jago adalah seekor burung.

Burung tersebut tercebur ke dalam genangan air, sehingga sulit baginya untuk terbang. Dan kalau dilihat dari ukuran badannya, jelas burung ini bukanlah tandingan si ayam jago.

image

Walaupun basah dan kotor, burung tersebut masih terlihat cantik. Warna bulu di bagian sayapnya biru cerah terlihat sangat mencolok. Paruhnya yang kokoh, panjang, dan berwarna kemerahan jg sangat khas.

image

Setelah kubersihkan, burung tersebut aku tempatkan di kotak kardus kecil. Tidak ada luka di tubuhnya, tetapi burung tersebut masih belum bisa terbang jauh. Aku coba beri biji-bijian makanan burung perkutut yang ada di rumah, tetapi tidak dimakan sana sekali. Bentuk paruhnya memang tidak mencerminkan bahwa burung ini adalah burung pemakan biji-bijian. Air minum kuberikan menggunakan spuit 1 cc. Oya, paruh burung ini lumayan tajam, jadi harus berhati-hati agar tidak digigitnya.

Karena penasaran, aku oun mencari tahu mengenai burung ini di mbah gugel. Ternyata namanya adalah burung cekakak belukar. Mungkin diberi nama itu karena bunyinya “Kaakk..kakk..kaakk..”. Ini salah satu linknya: http://semuaburung.blogspot.com/2011/04/cekakak-belukar.html?m=1

image

image

Setelah menginap di rumahku satu malam, burung itu terlihat lebih kuat dan segar. Akhirnya burung cekakak tersebut aku lepas kembali di halaman belakang rumahku.

Tinggalkan Balasan

