Surat Keterangan Sehat Jiwa

Siapa yang mau membuat surat keterangan sehat jiwa? Biasanya surat ini diperlukan untuk persyaratan melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, menduduki suatu jabatan, dll. Sehat itu kan terdiri dari sehat jiwa dan raga, jadi wajar saja bila kesehatan jiwa pun juga harus diperiksa. Bahkan slogannya “men sana in corepore sano” artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat, kesehatan jiwa sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Di Palembang, surat keterangan sehat jiwa bisa dilakukan di RS Bhayangkara dan RS Ernaldi Bahar. Aku memilih mengikuti tes kesehatan jiwa di RS Ernaldi Bahar, karena di RS Bhayangkara pemeriksaan kesehatan jiwa tidak dilakukan setiap hari, hanya pada hari tertentu saja.

Dahulu, RS Ernaldi Bahar berlokasi di KM 6 Palembang, aku sempat merasakan magang di sana sekitar 5 minggu pada tahun 2007. RS Ernaldi Bahar saat ini berlokasi di daerah KM 12 Alang-Alang Lebar. Rumah Sakit ini luas sekali lho, lingkungannya lumayan bersih dan asri. Saking luasnya kalau mau berkeliling rumah sakit ini, rasanya lebih enak naik sepatu roda atau sepeda.

Nah, kalau mau membuat surat keterangan sehat jiwa, kalian cukup mencari bangunan poliklinik rawat jalannya. Tidak sulit koq, karena tidak terlalu jauh dari gerbang RS tersebut.

20171006_074454

Bagian Rawat Jalan RS Ernaldi Bahar

Sama seperti tahapan pembuatan surat-surat lain, awalnya kita harus mendaftar dahulu di loket pendaftaran. Pilihannya bisa mendaftar pribadi alias membayar sendiri, atau menggunakan asuransi kesehatan seperti Kartu BPJS/KIS/Jamkesmas/ASKES/Jamsoskes. Menurutku, aku sudah datang dari pagi, tapi ternyata antrian yang ada sudah menumpuk.

20171006_074103

Nomer antrian berdasarkan tipe pembayaran

Oya, kenapa aku juga mengambil antrian JKN? Karena aku terdaftar sebagai peserta ASKES, aku berfikir mungkin saja pelayanan kesehatanku hari ini tercover oleh BPJS. Tapi ternyata tidak bisa. Pembuatan surat keterangan sehat Jiwa tidak ditanggung oleh BPJS. Kalau tidak salah, biaya pembuatan surat keterangan sehat jiwa sekitar Rp. 400.000,-. Sebelumnya membuat kartu berobat dan membayar biaya konsultasi Dokter Ahli Kejiwaan sekitar RP 150.000,-.

20171006_090343

Antrian di Poliklinik

Selalu budayakan antri ya, supaya tertib. Sembari menunggu giliranku dipanggil untuk diperiksa, aku mendengarkan penyuluhan kesehatan dari anak-anak STIKES yang sedang magang di RS tersebut. Karena menjadi pendengar yang baik, aku mendapat souvenir botol minum, hehe. Alhamdulillah.

20171006_085724

Pemeriksaan Kesehatan

Setelah diperiksa Berat Badan dan Tekanan Darah, aku dipanggil masuk ke ruang dokter ahli kejiwaan yaitu dr. Hj. Latifah, SpKJ. Setelah ngobrol sebentar, aku diminta untuk naik ke lantai dua, tempat pemeriksaan psikotestnya.

20171006_091404

Ruang Poliklinik Psikologi

Saat itu cuma aku sendiri yang mengikuti tes. Kalau tidak salah ada tiga jenis tes psikologi yang diujikan, masing-masing tes diberi waktu. Saranku ketika mengikuti tes kejiwaan seperti ini, kerjakan saja dengan tenang, tidak perlu terburu-buru, jangan gugup karena tes ini bukan tentang salah atau benar. Jangan lupa makan/minum dan buang air sebelumnya, agar bisa lebih berkonsentrasi.

20171006_092520

Setelah selesai mengerjakan tes, aku diberitahu bahwa hasilnya akan selesai sekitar 4-5 hari ke depan. Jadi saranku lagi, kalau butuh surat keterangan sehat jiwa ini baiknya dikerjakan terlebih dahulu, agar tidak menghambat pengumpulan berkas-berkas kalian.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s