Nobu..Nom..Nom..

Satu lagi review tempat maem sushi dan makanan Jepang di Palembang, yaitu di Nobu Bistro yg beralamat di Jalan Sumpah Pemuda Blok K, samping Sonic Futsal Palembang.

Sebagai menu pembuka, pilihannya bisa dijatuhkan pada semangkuk kacang edamame rebus. Kacang yang mirip kacang polong ini disajikan hangat dengan taburan garam. Rasanya manis dan gurih. Selain enak, kandungan gizi yang terdapat dalam kacang ini sangat baik untuk tubuh kita.

photoshake_1361110350266

Bagi para penyuka salad, ada menu Nobu Mix Salad yang bisa kamu pilih. Bukan satu atau dua, tetapi empat jenis salad dalam satu platter. Jelly fish, seaweed, scallop, baby octopus disajikan dengan campuran salad wortel dan lobak. Yang aku suka seaweed dan baby octopus. Bukan berarti jelly fish dan scallop tidak enak ya. Rasanya yang asin, manis, kenyal dan sedikit amis itu cukup dicicip satu kali saja dan diingat selamanya. Hehe.

photoshake_1361111597005

photoshake_1361111742371

Mau scallop lagi? Ada baked scallop yang yummy dengan toping tobiko, saus, mayonaise, dan potongan nori.

image

Menu lainnya adalah cawan mushi. Campuran tahu telur dan kaldu yang dikukus dengan potongan udang didalamnya. Rasanya tidak jauh berbeda dengan cawan mushi di resto jepang lainnya. Enak.

photoshake_1361110515071

Bagi yang suka salmon nigiri, ada juga pilihan salmon mentai nigiri yang bisa kamu coba. Di sini potongan salmon dan nasi di bakar pada bagian atasnya, sehingga salmon disajikan dalam keadaan half done atau setengah matang.

photoshake_1361111953312

Menu nobu no 2 special adalah salah satu menu andalan di sini. Gulungan kecil-kecil, diberi toping tobiko dan ditambah dengan rumput laut. Aku sendiri tidak tahu isi rollnya apa, tapi rasanya bikin pengen nambah lagi dan lagi.

photoshake_1361110806524

Pilihan sushi di sini beragam, aku baru mencicipi tiger rollnya. Rasanya enak, tapi bukan menu favoritku.

photoshake_1361111861001

Tidak ingin makan sushi di resto jepang, grilled squid alias cumi bakar ini bisa jadi pilihan. Rasanya enak dan tidak alot seperti karet.

photoshake_1361111022388

Bagi yang mau makan nasi, ada pilihan menu kamameshi di sini. Kamameshi adalah nasi berbumbu yang di bakar dengan menggunakan pot/mangkuk, berisi potongan ikan salmon, ayam, dan juga telur serta sayuran. Di bagian atasnya dihiasi dengan lembaran-lembaran kulit ikan asap. Kalau mau icip-icik kamameshi hati-hati panas, dan nasi harus segera diaduk agar tidak menjadi keras dan menempel di potnya.

photoshake_1372773270483

Favorit minumanku di sini adalah ocha dingin. Kenapa? Karena kalo mau nambah, gratis. Hehe.

image

Sekian dulu review menu Nobunya, selain menu-menu di atas masih banyak lagi pilihan yang bisa dipilih. Selamat icip-icip.

Iklan

Sushi so..

Aku suka sekali dengan Jepang. Negara itu (terlihat) sangat indah (bagiku). Mungkin itu sebabnya aku suka komik jepang ya (ga nyambung). Atau sebenarnya aku mempunyai darah Jepang, secara mereka pernah menjajah Indonesia selama 3 tahun (semakin ga nyambung). Kebudayaannya mencolok sekali, dan mereka mempertahankannya, itu yang membuat mereka unik. Indonesia juga tidak kalah dengan mereka, hanya saja negara kita luas dan kebudayaannya juga banyak sehingga tidak (terlalu) mencolok.

Matahari terbit, kimono, ikebana, origami, manga, atheis, disiplin, gunung fuji, sakura, geisha, kabuki, doraemon, kesatria baja hitam, ultraman, shinkansen, salju, dan sushi adalah kata-kata yang melintas di pikiranku setiap kali mendengar kata Jepang (random banget).

Yah, itung-itung latihan kalau nanti aku berkesempatan mengunjungi negara tersebut (tolong bantu Amiin-kan ya, Amiiin), aku pun mulai mencicip sushi dan menjadi beneran suka dengan makanan asal Jepang ini.

Di Palembang, tempat favorit untuk maem sushi ya di sushi so ini. Ada 2 cabangnya, yang pertama di Jalan Rajawali, dekat hotel Grand Zuri, yang kedua di food court lantai 2 PTC Mall.

Pernah saya mengajak Ilham driver PT. SG untuk mencicip sushi dari Sushi So. “mirip lemper ya Bu”, cetusnya polos. Aku pun mendadak keselek, “Plis deh Ham, beda jauh kaliii”. Padahal dalam hati aku mengiyakan kata-katanya, sepertinya sushi ini memang satu konsep dengan lemper. Nasi/ketan diisi digulung, bedanya sushi dibungkus dengan nori, lemper dibungkus daun ……. (mendadak mikir, pisang bukan ya?)….:)

Buat yang penasaran dan pengen tau tentang menu-menu di sushi so Palembang, ni ada sebagian review menunya.

Image

Coba kalian lihat gambar diatas, menggoda bukan?*setan bulan puasa mode on* Kalo ga salah, namanya itu sushi so special dragon roll. Topingnya menggoda ya, salmon grilled plus mayo n tobiko. Rasanya, juara!

Image

Yang suka makanan mentah tapi enak, sashimi salmon bisa jadi alternatif pilihan. Ayah dan Ibu mencicipi sashimi ini dengan kening berkerut, sepertinya mereka akan langsung menolak kalau aku menawari mereka lagi. Lain cerita kalau kucing-kucingku (Jini dan Jojo) yang ikut, mungkin aku akan rebutan dengan mereka. Hehehe. Gimana deskripsi rasanya, manis, asin, gurih, jadi satu. Kalau ga nyicip, ya ga bakal tau.

Atau kalo mau belajar maem sashimi tapi belum sanggup ngabisin sepiring, bisa pesen salmon nigiri kyk foto di atas. Saya minum, eh makan dua. 🙂

Menu selanjutnya adalah bento salmon, menu yang sama dengan don buri salmon digambar bawah, hanya saja bento ini lebih lengkap dengan adanya potongan semangka dan sup. Salmonnya, tentu saja enak!

Menu lainnya adalah chawan mushi, sejenis tahu telur diberi kaldu lalu dikukus. Dimakan bersama kacang edamame. Mirip rasa tahu telur kemasan yang dijual di supermarket siy, tetapi tentu saja lebih enak yang segar alias fresh from the kukusan.

Pengen maem salad sayur + rumput laut? Nih, di sushi so juga ada. (lupa nama menunya apa). Saladnya segar, rumput lautnya enak.

Klo yang ini, contoh menu seharga kurleb 150 rebu saja. Sushi, nigiri mix, kawa meshi alias ikan salmon kari, chawanmushi, dengan minuman green tea float n lemon tea. Enak di perut n enak di dompet.
image

Satu lagi, ini menu favorit aku. Ga bole ketinggalan kalo lagi maem di sini cheese crab bla..bla.. (lagi2 lupa nama menunya) *tepok jidad*

“Itadakimasu”

Mr. Pancake

Setelah hampir 3 minggu ditawan di sarang penyamun alias base camp Rimau 2D, akhirnya bisa menghirup udara bebas lagi. Cuti pun tiba, Horey!! Saatnya menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta. Tujuan awalnya nonton film di bioskop, sehingga dipilihlah PIM. Tapi ternyata film yang ada ga ada yang bagus, alhasil cuma menghabiskan waktu dengan belanja jendela alias window shoping.

Puas keliling-keliling, perut pun mulai bernyanyi. Ternyata ada tempat nongkrong baru (menurut penulis yang sudah sangat lama tidak menjejakkan kaki di PIM), Mr. Pancake. Saat itu pengunjungnya cukup ramai, sehingga menambah rasa penasaran untuk ikut mencoba menu yang ada. First look, setting interior cukup nyaman dan dengan desain minimalis, memunculkan nuansa rumah yang hangat.

Pemilihan menu pun dimulai. Ada beragam menu yang ditawarkan, diantaranya pancake terutama, waffle, steak, sandwich, salad, dan aneka minuman. Setelah berkontemplasi (lebay), akhirnya dipilih menu pancake durian, pancake platter, waffle choco fruit dan es teh manis (ya, es teh manis). Pancake durian itu JUARA! Dua lembar pancake dengan saus vla durian dan satu scoop es krim plus taburan kacang almond, YUMMM. Pancake platter isinya enam buah pancake mini dengan beragam toping, saus cokelat, saus strawberry, dan selai nanas. Waffle choco fruitnya sedikit garing, berisi buah-buahan segar dan es krim cokelat. Setelah semua dicicipi, kesimpulannya pancake itu enak, tetapi tidak enak untuk sering-sering dimakan. hehehe. Karena cukup mahal dan tidak mengenyangkan. Dengan harga yang sama, orkes perut lebih bisa tenang bila makan cheese crab roll ataupun salmon donburi di Sushi So. 🙂

Mr. Pancake